20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan


Usaha sampingan ibu rumah tangga banyak di cari karena selain dapat membantu penghasilan rumah tangga, usaha sampingan ibu rumah tangga juga dapat menjadi alternatif mengisi waktu luang yang dimiliki oleh ibu rumah tangga dengan kegiatan positif yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Untuk ibu-ibu rumah tangga yang ada di desa  bukan berarti anda tidak memiliki peluang untuk memiliki usaha rumahan seperti kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Oleh karenanya tulisan dengan tajuk 23 usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang menjanjikan ini sekiranya dapat menjadi referensi bagi anda.

20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan

Ada begitu banyak usaha sampingan yang bisa dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga di desa. Hidup di desa mungkin tidak seramai di kota, tapi desa memiliki begitu banyak potensi yang besar dan unik yang jika di kelola dengan baik dapat menciptakan peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang ada di desa ini bisa berangkat dari bermacam-macam faktor, misalnya usaha sampingan yang berbasis pada potensi desa yang ada, usaha rumahan yang bersumber dari hobi dan keahlian yang di miliki, sampai pada usaha sampingan dengan modal kecil dan minim. Semuanya bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan ada niat dan mampu melihat peluang yang ada. Berikut ini kami akan mencoba menjabarkannya lebih mendalam untuk anda.

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Oke mari kita awali tulisan ini dengan ulasan mengenai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga di desa dengan modal kecil yang sekiranya layak untuk anda pertimbangkan.

1. Air Minum Isi Ulang

Ada begitu banyak orang yang sangat menyukai hal-hal yang serba praktis. Salah satunya adalah terkait pada urusan kebutuhan rumah tangga, salah satunya persoalan kebutuhan air minum. Tidak hanya di kota air minum isi ulang menjadi solusi yang tepat untuk pemenuhan kebutuhan air minum untuk rumah tangga karena tidak ingin repot lagi memasak air. Oleh karena itu membuka usaha air minum isi ulang di sekitar tempat tinggal anda menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang bisa anda lakukan.

Usaha sampingan air minum isi ulang ini terbilang cukup menjanjikan dan minim modal. Dan pengelolaannya pun cukup sederhana. Usaha air minum isi ulang bahkan bisa anda kelola tanpa harus terlibat pada proses pengantarannya ke rumah-rumah konsumen karena anda bisa mempekerjakan beberapa orang karyawan untuk membantu anda.

2. Membuka Loket Pembayaran

Saat ini sistem pembayaran tagihan listrik dan air bersih (PDAM) bisa dilakukan secara online. Ini bisa menjadi peluang bagi anda yang mencari peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil karena usaha loket pembayaran bisa di lakukan dari rumah.

Dengan usaha loket pembayaran ini tidak akan banyak menyita waktu anda dalam mengurus anak dan mengurus urusan rumah tangga lainnya.

3. Menjual Sayuran Segar

Memiliki usaha kecil-kecilan di desa dengan menjual berbagai macam jenis sayuran segar adalah salah satu ide bisnis yang cocok bagi ibu-ibu rumah tangga. Anda bisa membuka kedai kecil di depan rumah untuk menjajakan sayuran segar dagangan anda. Modal yang anda butuhkan untuk membuka usaha kecil-kecilan jualan sayuran ini terbilang cukup minim.

20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan

Anda bisa membuka warung anda di pagi hari karena pada waktu pagi hari banyak ibu-ibu yang membeli bahan masakan untuk kebutuhan rumah tangga mereka.

Peluang usaha sampingan ini tentu akan sangat terbuka lebar terlebih jika tempat tinggal anda jauh dari pasar, atau hanya mengandalkan pasar mingguan yang buka 1-2 kali saja dalam sebulan. Anda bisa mendapatkan atau membeli berbagai macam sayuran dari sesama warga desa yang lain yang bekerja sebagai petani lalu anda jual ulang kepada warga desa lain yang membutuhkan.

4. Menjual Jus Buah 

Salah satu potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh pedesaan adalah ketersediaan aneka macam buah-buahan. Ini di dasari karena sebagain besar masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai petani buah. Anda bisa memaksimalkan potensi ini dengan membuka usaha jus buah.

Bisnis jus buah saat ini begitu banyak digemari karena tidak membutuhkan modal yang besar. Namun menjajikan keuntungan yang cukup besar. Bisnis jus buah juga tidak terlalu menguras banyak tenaga dan pikiran sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang ingin memanfaatkan waktu luangnya dengan berwirausaha untuk menambah pendapatan rumah tangganya.

5. Menjadi Seorang Dropshipper

Dropship adalah sebuah sistem penjualan dimana seorang pemilik produk menjual barangnya kepada konsumen dengan bantuan seorang dropshipper, dimana dropshipper ini melakukan kegiatan promosi produk sampai akhirnya mendapatkan pembeli.

Setelah deal dengan harga selanjutnya dropshipper melakukan orderan produk kepada pemilik produk (suplier). Setelah itu pemilik produk akan mengirimkan produknya kepada pembeli atas nama dropshipper.

Kelebihan dari menjadi seorang dropshipper adalah anda tidak perlu menyetok barang, tinggal lakukan promosi dan penjualan.Dropshipper ini merupakan salah satu jenis bisnis online modal kecil yang banyak di gemari saat ini. Selain itu menjadi dropshipper juga tidak memerlukan terlalu banyak biaya, dapat dilakukan kapan dan di mana saja sehingga sangat cocok menjadi bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.
Baca juga : 11+ Peluang Usaha Dengan Modal 5 Juta Berpotensi Dapat Untung Besar

6. Toko Kelontong

Usaha toko kelontong adalah jenis usaha yang paling cocok untuk usaha sampingan rumah tangga di desa. Toko kelontong pada umumnya menjual barang-barang yang menjadi kebutuhan primer seperti beras, minyak goreng, peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, shampo dan berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya.

Usaha toko sembako ini juga termasuk usaha sampingan dengan modal kecil dan minim resiko.

7. Toko Perabotan Rumah Tangga

Umumnya orang-orang di desa membeli perabotan rumah tangga  seperti piring, alat-alat dapur, meja, kursi, sampai barang-barang elektronik lainnya di kota. Hal ini karena di desa belum ada toko khusus yang menjual berbagai macam perabotan rumah tangga yang cukup lengkap. Nah ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa anda garap.

Dengan membuka usaha penjualan perabotan rumah tangga di desa, tentu saja akan menjadi solusi bagi masyarakat desa, sehingga mereka tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota hanya untuk membeli perabotan saja.

8. Menjual Pulsa dan Paket Data

Usaha menjual pulsa saat ini merupakan salah satu usaha kecil-kecilan yang sedang trend. Seiring dengan meningkatnya pengguna HP baik yang jenis biasa sampai yang berbasis Smartphone jelas berimbas pada tingginya permintaan dan penggunaan pulsa dan paket data internet.

Usaha sampingan menjual pulsa dan paket data ini tergolong usaha yang tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Dengam modal berkisar 500 ribu sampai modal 1 juta rupiah anda sudah bisa memulai usaha penjualan pulsa.Anda bahkan tidak perlu memiliki counter khusus karena anda bisa memanfaatkan Hp atau Smartphone yang anda miliki.

9. Membuka Warung Kopi Sederhana

Orang-orang di desa dikenal memiliki kebiasaan yang suka berkumpul dan mengobrol dengan sesama warga desa lainnya. Anda bisa membuka warung kopi sederhana untuk memfasilitasi kebiasaan tersebut.

20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan

Anda bisa menjual secangkir kopi,teh atau minuman ringan lainnya di sertai dengan makanan-makanan ringan seperti gorengan pisang, ubi goreng atau singkong goreng.

10. Menjual Pakaian 

Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga dengan menjual pakaian murah tapi berkualitas adalah jenis usaha yang layak anda pertimbangkan. Anda bisa Berangkat ke kota untuk membeli berbagai macam jenis pakaian secara grosiran kemudian anda jual ulang di desa.

Beberapa jenis pakaian yang paling laku di jual adalah pakaian bayi dan anak-anak, daster, dan baju kaos.

Bagaimana apakah beberapa ide usaha diatas menarik untuk anda ? jika belum mungkin beberapa ide bisnis sampingan di bawah ini bisa anda coba.

Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa Berbasis Jasa

Usaha Jasa biasanya dimulai dari memaksimalkan keahlian personal yang kita miliki. Nah jika anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu mengapa anda tidak mengubahnya menjadi usaha yang bisa menghasilkan? Anda bisa membuka usaha jasa di desa seperti :

10. Jasa Menjahit Pakaian 

Tidak banyak orang yang memiliki keahlian dalam urusan jahit menjahit.. Jasa layanan menjahit adalah ide bisnis untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa anda mulai dengan modal yang relatif kecil. Dengan modal 1 juta anda bisa membeli mesin jahit serba guna untuk memulai usaha anda. Untuk meningkatkan kemampuan anda bisa mengikuti kursus.

Oleh sebabnya jika anda memiliki kemampuan mumpuni dalam menjahit pakaian maka, anda bisa membuka usaha jahit menjahit di desa anda. Tetangga anda tentu saja akan sangat terbantu, karena mereka tidak perlu lagi repot mencari penjahit saat ingin membetulkan resleting, mengubah ukuran baju dan celana, atau membetulkan baju yang robek.

11. Jasa Rias  

Wanita selalu identik dengan kebiasaanya merias diri, hanya saja tidak banyak wanita yang memiliki kemampuan dalam tata rias yang baik. Terlebih untuk kebutuhan menghadiri acara-acara resmi seperti pernikahan atau hajatan lain yang ada di desa.

Jika anda mencari pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang dan anda memiliki keahlian khusus dalam tata rias wajah, maka itu bisa menjadi usaha jasa tata rias adalah jenis bisnis yang sangat terbuka bagi anda.

Apalagi jika anda sangat piawai merias wajah untuk pengantin. Maka anda akan memiliki kesempatan untuk meraup penghasilan yang cukup besar karena biasanya jasa seorang penata rias pengantin bisa mencapai jutaan-puluhan juta / satu klien. Menggiurkan bukan?

12. Jasa Les Privat

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menguasai salah satu mata pelajaran atau satu bahasa asing.  Anda bisa membuka jasa les privat yang ditujukan untuk anak-anak sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Anda bisa membuka les atau bimbingan belajar di rumah anda atau menjadi guru privat yang datang mengajar di rumah anak bimbingan anda. Soal tarif anda bisa menentukan berdasarkan jumlah pertemuannya.
Baca juga : 15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

13. Membuka Salon

Usaha jasa selanjutnya yang cocok pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuka salon. Salon tidak hanya sebatas dengan jasa pemotongan rambut saja, tapi bisa juga mencakup perawatan rambut, perawatan wajah sampai perawatan tubuh lainnya.

Untuk di desa tentu saja usaha salon ini masih menjadi salah satu jenis usaha yang dibutuhkan masyarakat, karena tidak semua orang tahu bagaimana memotong rambut atau perawatan wajah.

14. Jasa Print dan Fotokopi

Apakah rumah anda berada di sekitaran sekolah atau pusat pemerintahan yang ada di desa anda ? Jika iya maka usaha print dan fotokopi menjadi salah satu ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan.

Anak-anak sekolah yang ingin memperbanyak tugas sekolah ataupun pegawai kantor desa atau kelurahan sangat membutuhkan jasa print dan fotokopi. Terlebih lagi belum banyak orang di desa yang punya perangkat komputer beserta dengan print nya, apalagi mesin fotokopi.

Selain beberapa ide usaha jasa di atas, anda juga bisa mencoba contoh usaha sampingan berikut ini :

15. Membuat  dan Menjual Aksesoris

Saat ini ada begitu banyak kegiatan-kegiatan pelatihan yang sering dilakukan di desa untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu rumah tangga. Salah satunya adalah pelatihan membuat aksesoris dan kerajinan tangan. Tidak ada salahnya anda mengikuti pelatihan-pelatihan itu untuk mengisi waktu luang anda. Saat anda sudah sangat mahir dalam membuat aksesoris dan kerajinan tangan maka anda bisa mengkonversi keahlian anda itu menjadi sebuah usaha sampingan.

Aksesoris seperti gelang dan kalung adalah barang-barang kerajinan tangan yang banyak diburu karena memiliki bentuk yang unik dan bisa menambah "rasa" dalam berbusana. Bisnis aksesoris sampai saat ini tidak ada matinya.

Anda bisa membentuk usaha kerajinan tangan di desa secara berkelompok agar aksesoris yang dihasilkan bisa dalam jumlah yang banyak dengan bentuk yang beragam. Untuk pemasaran anda bisa menjualnya ke kota atau menjualnya secara online melalui media sosial.

16. Usaha Kuliner

Memasak adalah kegiatan yang sangat erat hubungannya dengan kaum ibu-ibu. Nah keahlian memasak ini bisa anda jadikan sebagai modal utama untuk memulai usaha kuliner misalnya dengan membuka warung sederhana yang menjual berbagai macam makanan rumahan seperti ikan bakar,sayur lodeh,ikan masak,tempe goreng dan lain sebagainya.

Selain warung makan sederhana, anda juga bisa mencoba membuat usaha makanan ringan misalnya menjual kue-kue basah atau berjualan bubur ayam atau membuka warung bakso misalnya. Bisa di katakan jika usaha-usaha kuliner adalah salah satu ide bisnis atau rumahan dengan modal kecil untung besar.

17. Pertamini

Jika tempat pengisian bahan bakar berada jauh dari desa anda, makan tidak ada salahnya anda menjadi orang pertama yang membuka usaha pertamini di desa anda. Usaha pertamini ini pun cukup mudah di jalani karena tidak memerlukan keahlian khusus sehingga bisa dilakukan olehibu-ibu rumah tangga. Masyarakat yang anda di sekitar anda tentu akan merasa terbangun dengan adanya usaha pertamin anda, karea mereka tidak perlu lagi repot mengisi bahan bakar kendaraan mereka di Pertamini yang mungkin jaraknya berkilo-kilo dari desa.

18. Usaha Cuci Motor

Anda tidak perlu ikut terlibat untuk mencuci motor dari pelanggan anda, anda bisa mempekerjakan beberapa orang sebagai tukang cuci motornya. Anda bisa mengunakan sistem bagi hasil misalnya tarif satu motor per satu kali cuci adalah 10 ribu, anda bisa mengambil 5ribu untuk anda dan sisanya untuk karyawan anda.

19. Kos-Kosan

Apakah di desa anda berdekatan dengan perusahan-perusahaan besar. Jika iya maka anda bisa membuka usaha sampingan dengan membuka usaha kos-kosan. Biasanya banyak karyawan dari perusahaan besar yang berasal dari luar kota bahkan dari luar negeri dan sudah barang tentu mereka membutuhkan tempat tinggal.

Memang sih, terkadang ada mes yang disediakan oleh perusahaan, namun terkadang banyak karyawan yang kurang nyaman untuk tinggal di mes. Jadi Jika anda memiliki lahan yang cukup luas, anda bisa membangun beberapa kamar yang bisa anda sewakan. Tarifnya pun beragam tergantung dari fasilitas yang anda sediakan.

20. Usaha Peternakan

Salah satu usaha yang paling banyak di lakukan oleh orang-orang di pedesaan adalah usaha di bidang peternakan. Jika selama ini usaha ternak banyak dikerjakan oleh kaum pria, namun usaha ternak ini juga bisa dilakoni oleh kaum perempuan. Jangan salah karena sudah banyak kisah sukses pengusaha wanita di bidang peternakan ini.

20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan
Anne Sri Arti, Penggerak Peternak Sapi Perah (via :femina.co.id)

Ibu Anne Sri Arti Yang menjadi sosok utama sebagai penggerak usaha peternak sapi perah di daerahnya saat ini berhasil mendirikan perusahaan sendiri bernama  Makmur Agro Satwa (MAS).

Kisah inspirasi dari Anne Sri Arti ini mejadi bukti jika seorang wanita juga bisa sukses mengelola bisnis peternakan. Anda bisa membaca kisah inspiratifnya melalui tautan ini, semoga saja kisahnya dapat memberi motivasi bagi anda.
Baca juga : 8+ Ide Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan
Itulah ulasan singkat mengenai 20 usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang menjanjikan yang dapat kami hadirkan untuk anda kali ini, semoga memberikan ide dan inspirasi bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang cocok dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Salam sukses untuk anda.

0 Response to "20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan"

Posting Komentar