17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar


Usaha sampingan di desa pada umumnya banyak bermula dari keinginan si pemiliki untuk memulai sebuah usaha sampingan agar dapat memiliki penghasilan tambahan. Usaha sampingan di desa ini bahkan telah banyak yang berhasil dan membuat pemiliknya sukses mendapatkan pendapatan bulanan yang tidak sedikit. Berbekal kemauan dan ketekunan dan pandai melihat peluang yang ada, anda juga bisa memulai usaha sampingan di desa anda dengan modal kecil atau memaksimalkan keahlian yang anda miliki.

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Usaha Sampingan di Desa Yang Menjanjikan

Sebetulnya ada begitu banyak cara menciptakan peluang usaha di desa yang bisa di jadikan sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan rumah tangga. Bisa dimulai dengan memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa itu sendiri misalnya dari sektor agribisnis di desa mencakup pertanian, peternakan, perikanan, atau perkebunan. Ada begitu banyak bisnis sampingan di desa yang sukses dengan memaksimalkan potensi ini. Misalnya desa - desa yang ada di balik yang berhasil memaksimalkan potensi di sektor pariwisata dengan mengembangkan desa wisata yang pada akhirnya mendorong bisnis kreatif masyarakatnya untuk berkembang dan meningkatkan pendapatan rumah tangga bahkan menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah.

Selain memaksimalkan potensi yang ada di desa, memulai usaha di desa juga bisa berangkat dengan minat dan keahlian personal yang kita miliki, usaha sampingan di desa berbasis keahlian ini nantinya akan banyak bergerak di berbagai macam unit usaha jasa.

Terkait soal modal, anda tidak perlu berkecil hati karena dengan berbekal modal yang kecil pun anda tetap memiliki kesempatan untuk membangun usaha sampingan anda yang tetap memiliki potensi untuk membantu meningkatkan penghasilan anda.

Oleh karena itu tulisan dengan tajuk 20 usaha sampingan di desa yang potensial menjanjikan untung besar ini kami hadirkan dengan harapan dapat menjadi bahan informasi bagi anda untuk memilih jenis usaha sampingan apa saja yang cocok untuk anda kembangkan di desa.

1. Usaha Ternak Ayam Kampung

Usaha ternak ayam kampung di desa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang sampai saat ini termasuk usaha potensial yang sangat menjanjikan.

Ketersediaan lahan di desa yang begitu luas, serta mudahnya mendapatkan sumber pakan alami menjadi modal utama mengapa usaha ternak ayam kampung ini dapat anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan bahkan bisa saja suatu saat dapat menjadi usaha utama anda.

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Setidaknya ada 3 metode usaha ternak ayang kampung yang banyak digunakan yaitu metode umbaran, metode semi intensif, dan metode intensif.

Metode Umbaran 

Usaha ternak ayam kampung yang menggunakan metode umbaran merupakan metode paling umum dan paling banyak dilakukan oleh masyarakat di pedesaan. Metode umbaran terbilang metode yang paling mudah karena tidak perlu memerlukan sistem ternak dan perawatan ayam kampung yang lebih khusus.

Metode umbaran merupakan cara beternak ayam kampung secara tradisional, dimana anda hanya perlu menyediakan kandang untuk ayam kampung peliharaan anda sebagai tempat berteduh dan tempat tidur saat malam hari, sisanya ayam kampung yang anda pelihara di bebaskan mencari makanannya sendiri.

Umumnya peternak ayam kampung dengan metode umbaran ini adalah ternak ayam kampung dengan skala kecil. Jadi jika anda memiliki lahan yang cukup luas di sekitar tempat tinggal anda, maka ternak ayam kampung dengan metode umbaran ini cukup cocok untuk anda lakoni sebagai usaha sampingan.

Metode Semi Intensif 

Metode ternak ayam kampung yang menggunakan sistem semi intensif dilakukan dengan cara membuat kandang ayam berukuran luas agar ayam yang dipelihara tidak lepas berkeliaran kemana-mana. Contohnya dengan membuat pagar-pgara berbatas dari bilah-bilah bambu, atau bisa juga membuat pagar dengan jaring ikan yang mengelilingi lahan tempat pemeliharaan ayam.

Metode semi intensif ini tentu saja akan memudahkan anda untuk melakukan pengontrolan makanan, kesehatan, sampai pertumbuhan ayam kampung yang anda pelihara.

Metode Intensif

Metode intensif ini dilakukan dengan sistem mengandangkan ayam kampung sepanjang hari, tidak dilepas berkeliaran. Metode instensif ini terbilang membutuhkan banyak modal terutama pada segi pembuatan kandang dan juga biaya untuk pakan.

2. Usaha Ternak Bebek

Selain ayam kampung, salah satu usaha ternak yang menjanjikan yang cocok untuk anda kembangkan sebagai usaha sampingan di desa adalah ternak bebek. Ada begitu banyak potensi dari bebek yang bisa menghasilkan uang mulai dari telur, daging, sampai kotorannya yang bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Saat ini penggemar daging dan telur bebek tidak pernah lesu, karena telur dan daging bebek memiliki cita rasa yang khas dan juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Pada umumnya usaha peternakan bebek bertujuan untuk bebek petelur, namun kemungkinan daging bebek juga bisa di ambil dari itik-itik jantan dan betina yang sudah melewati fase produksi.

Untuk metode pemeliharaan, ternak bebek juga bisa dilakukan dengan meode umbaran, semi intensif dan metode intensif. Pemilihan metode ternak bebek yang akan digunakan tentu saja akan sangat bergantung pada tingkat pemahaman soal ternak bebek, dan juga pada ketersediaan lahan yang kita miliki.

3. Usaha Budidaya Tanaman Obat

Industri obat-obatan herbal saat ini tengah mengalami trend peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan begitu banyaknya produk-produk obat-obatan herbal yang banyak di jual di pasaran.

Selain di olah menjadi produk obat-obatan yang dikemas secara modern. Cara memanfaatkan tanaman obat juga masih banyak dilakukan dengan cara mengolahnya secara tradisional. Tentu saja ini menjadi salah satu peluang bagi anda untuk mengembangkan usaha budidaya tanaman obat disekitar tempat tinggal anda. Beberapa jenis tanaman obat yang banyak di budidayakan adalah jahe, bunga rosela, daun sirih, kumis kucing, lidah buaya, dan mengkudu. Untuk anda yang memiliki lahan yang cukup luas, maka mengembangkan usaha tanaman obat dengan skala yang cukup besar sangat cocok untuk anda garap. Anda bisa menjual hasil budidaya tanaman obat anda ke kota atau mencari peluang kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan suplay bahan baku untuk pembuatan produk herbal mereka.

4. Usaha Tanaman Hidroponik

Apakah anda tinggal di desa yang berbatasan dengan kota? Jika iya maka salah satu jenis bisnis sampingan yang patutu anda pertimbangkan adalah usaha budidaya tanaman hidroponik, Mengapa?  Karena tanaman yang di hasilkan dari sistem hidroponik ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi karena jauh lebih sehat dan sangat diminati oleh orang-orang di kota.

Dikota-kota besar sayuran hidroponik banyak di jual di supermarket dan swalayan dimana peminatnya banya dari kalangan menengah ke atas. Tentu saja sangat terbuka peluang bagi anda untuk menjadi pemasok sayuran hidroponik ini asalkan anda memiliki usaha dengan hasil produksi yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak dan jenis sayuran yang beragam.

Teknik budidaya sayuran hidroponik ini sejatinya adalah teknik budidaya yang menggunakan media air sebagai pengganti tanah sehingga sangat cocok dijadikan usaha budidaya di lahan yang sempit.

Anda bisa memaksimalkan lahan dipekarangan rumah anda dengan membuat wadah tanam untuk sayuran yang akan anda budidayakan seperti sawi,bayam,bawang merah, lobak dan jenis sayuran lainnya.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari berbagai macam informasi teknik budidaya hidroponik ini, ada begitu banyak video-video di youtube yang sudah banyak mengulas soal bagaimana cara budidaya hidroponik baik yang berskala rumahan sampai yang berskala besar. Selain dari mencari bahan informasi pendukung lainnya melalui website atau membeli buku-buku yang terkait dengan usaha budidaya hidroponik ini.
Baca juga : 6 Budidaya Yang Menghasilkan Banyak Uang, Modal Kecil Untung Besar

5. Membuka Toko Sembako

Toko Sembako adalah salah satu jenis usaha kecil yang paling banyak dilakukan oleh orang, baik mereka yang ada di kota sampai mereka yang ada di desa. Toko Sembako merupakan salah satu usaha rumahan yang termasuk usaha modal kecil namun sangat menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Usaha ini sangat cocok sebagai usaha sampingan untuk ibu-ibu rumah tangga sebagai alternatif untuk memaksimalkan waktu luang yang mereka miliki dengan kegiatan positif yang menghasilkan uang

Sembako adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga permintaan dari konsumen tidak akan ada hentinya. Untuk membuka toko sembako setidaknya ada beberapa tips yang sekiranya dapat membantu agar usaha toko sembako anda bisa terus eksis dan terus berkembang di masa yang akan datang :

- Lokasi yang strategis
- Produk yang cukup lengkap
- Pelayanan yang baik kepada semua konsumen
- Harga yang kompetitif, serta
- Manajemen keuangan yang baik

6.  Usaha Kuliner

Usaha dibidang kuliner sampai saat ini merupakan jenis usaha yang tidak pernah ada matinya. Hal ini disebabkan karena kuliner adalah kebutuhan pokok manusia.

Ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa anda pilih yang tentu saja dapat anda sesuaikan dengan modal serta keahlian anda, misalnya membuka warung makan sederhanan, catering dan usaha makanan ringan uang menjual aneka kue dan minuman ringan.

Salah satu tips untuk mengembangkan usaha kuliner anda agar memiliki daya saing dari bisnis kuliner lain yang mungkin saja sudah ada di desa yakni dengan melakukan inovasi dari produk makanan yang anda jual, misalnya jika anda memiliki membuka usaha makanan ringan, maka anda bisa menjual kue yang memiliki rasa dan kemasan yang unik.

Tentu saja anda perlu terus melatih kemampuan anda untuk menciptakan kreasi kuliner yang berbeda dari yang lain. Manfaatkanlah media-media sosial seperti facebook atau instagram yang memang dikenal sebagai platform dimana banyak penggunanya sering sharing berbagai macam trik dan metode-metode kreasi yang unik, salah satunya kreasi makanan dan minuman yang unik.

7. Warung Angkringan Berwifi

Keberadaan warung angkringan selalu menjadi solusi yang tepat bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan kesenangan. Di warung angkringan ini ada begitu banyak menu makanan ringan yang dijual dengan harga murah meriah misalnya nasi bungkus, aneka macam gorengan, kopi dan teh panas, kopi jahe sampai minuman dingin lainnya.

Usaha warung angkiran ini menjadi tempat yang strategis untuk bisa bercengkarama, dan mengobrol sesama teman dan rekan kerja lainnya. Terkadang banyak warung angkiran juga memiliki durasi yang cukup lama dari sore hingga dini hari. Tentu ini menjadi peluang bagus untuk di lirik terlebih orang-orang yang ada di desa dikenal dengan kebiasaannya yang suka berkumpul sesama warga lainnya.

Untuk meningkatkan omset dari warung angkring anda, anda bisa memberikan fasilitas Wifi gratis agar mereka yang butuh internet juga bisa menjadi konsumen yang bisa anda sasar. Anak-anak muda biasanya suka dengan tempat nongkrong jika ada fasilitisa wifi nya. Ciptakan suasana yang nyaman agar pengunjung anda semakin betah.

8. Jual Pulsa, Data Internet dan Token Listrik

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Saat ini perkembangan jaringan seluler untuk komunikasi dan internet juga telah sampai ke pelosok-. pelosok desa, hal ini menggambarkan jika penggunaan handphone sudah menjadi kebutuhan orang-orang di desa.

Anda bisa memulai usaha penjualan pulsa dan paket data internet di desa. Bahkan anda tidak perlu menyediakan counter pulsa untuk memulai usaha jual pulsa ini. Anda bisa menggunakan hp jadul saja untuk mengirim pulsa kepada konsumen anda.

Modal yang dibutuhkan pun terbilang kecil karena dengan modal Rp 50 ribu rupiah anda sudah bisa menjual pulsa. Selain pulsa anda juga menjual token listrik atau membuka loket pembayaran. Karena saat ini pembayaran listrik, PDAM, BPJS sampai pembayaran angsuran kredit lainnya sudah bisa dilakukan  secara online.

9. Usaha Air Minum Isi Ulang

Air minum tentu saja menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Saat ini ada banyak rumah tangga yang mengandalkan air mineral dalam kemasan atau isi ulang untuk memenuhi kebutuhan air minum rumah tangganya. Selain praktis karena tidak perlu repot memasak, air kemasan isi ulang juga relatif murah.

Tentu saja ini ini membuka Peluang usaha air minum isi ulang di desa cukup layak untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan dana yang begitu besar, tidak membutuhkan tempat yang luas hanya cukup dengan teras rumah dan mendapatkannya pun mudah, selain itu konsumenpun juga sudah tercecer dimanapun jadi tidak usah bingung mencari pelanggan.

10. Membuka Kursus atau Bimbingan Belajar

Salah satu jenis pekerjaan sampingan yang bisa anda coba untuk menambah penghasilan adalah dengan memaksimalkan kemampuan anda yang menguasai salah satu bidang dalam dunia pendidikan, misalnya menguasai salah satu bahasa asing atau menguasai salah satu mata pelajaran.

Jika anda bekerja sebagai guru, maka ide usaha membuka kursus atau bimbingan belajar untuk anak sekolah bisa anda coba sebagai usaha sampingan untuk anda.

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Tidak hanya cocok untuk guru, peluang membuka kursus dan bimbingan belajar ini sangat terbuka bagi siapa saja asalkan anda menguasai salah satu bidang atau salah satu mata pelajaran. Mungkin saja anda atau istri anda adalah salah seoarng sarjana di bidang tertentu tapi saat ini justru memiliki pekerjaan yang tidak ada kaitannya dengan basis keilmuan anda. Daripada kemampuan anda terpendam begitu saja mengapa tidak anda alihkan saja ke usaha yang bisa menghasilkan bukan ?

11. Bisnis Online

Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan dunia digital saat ini, perkembangan dunia usaha dan bisnis juga semakin ketat. Untuk meningkatkan daya saing, ada begitu banyak perusahaan yang menjadikan dunia digital sebagai salah satu metode yang meningkatkan penjualan dari produk atau jasa mereka.

Ini bisa menjadi peluang bagus bagi anda yang ingin memulai usaha sampingan kecil-kecilan di desa. Anda bisa ikut terlibat dengan mencoba memulai usaha online. Bisnis online saat ini semakin digemari karena jam kerja yang fleksibel serta tidak banyak membutuhkan modal.

Beberapa jenis bisnis online yang banyak di gemari adalah menjual produk secara online. Misalnya menjadi seorang reseller online, ikut affiliate, menjadi blogger bahkan menjadi youtuber.

Soal penghasilan, jangan dipandang sebelah mata, karena banyak kisah-kisah sukses yang menginsipirasi dari mereka yang berhasil menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama mereka dan memberikan passif income yang tidak sedikit. Anda bisa membaca tulisan kami mengenai 13 Peluang Bisnis Online 2019 Modal Kecil Yang Dapat Anda Mulai Sekarang Juga yang sekiranya dapat membantu anda menemukan jenis bisnis online mana yang cocok untuk anda garap. 

12. Usaha Jasa 

Anda yang punya keahlian khusus yang tidak banyak orang yang menguasainya, maka itu bisa anda jadikan modal untuk membuka usaha jasa. Anda yang bisa memotong rambut bisa membuka usaha jasa potong rambut sampai membuka usaha salon. Anda yang pandai menjahit, maka bukalah usaha jahit menjahit di desa anda.

Masih banyak jenis usaha jasa yang bisa anda kembangkan sesuai dengan passion, minat dan keahlian yang anda miliki. Contoh usaha jasa lain yang punya potensi menghasilkan adalah jasa desain, jasa pengetikan, jasa rias pengantin, jasa cuci motor, jasa penitipan anak, dan usaha jasa lainnya.

Kunci utama dari usaha jasa ini tentu saja adalah pelayanan serta terus meningkatkan keahlian sehingga nantinya bisa menciptakan inovasi dan kreasi yang berbeda dari jenis usaha jasa lain yang sudah ada.

13. Usaha Kerajinan tangan

Kerajinan tangan adalah jenis produk yang memiliki keunikan dan dihasilkan dari tangan-tangan kreatif dan memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu produksinya juga cukup terbatas karena tidak semua oranng bisa membuat sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Jika anda termasuk salah satu orang yang memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan yang unik dari bahan tertentu kenapa tidak mencoba untuk membuka usaha secara mandiri.

Peluang usaha kerajinan tangan juga tidak membutuhkan modal yang cukup banyak dan bisa dijadikan sebagai bisnis yang bisa di lakukan dari rumah. 

Sekarang ini, banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan seperti, kerajinan dari bahan bekas, tas dari daun, berbagai hiasan untuk rumah tangga dan ribuan jenis kreasi lainnya.


14. Usaha Budidaya Ikan

Usaha budidaya ikan dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan di desa. Apalagi jika anda yang tinggal di desa dimana pasar yang ada didesa anda termasuk pasar yang masih minim pemasok ikan segar.

Olehnya itu langkah yang tepat untuk menyambut peluang ini adalah dengan cara membuka usaha budidaya ikan yang anda tergetkan untuk menyasar rumah tangga warga desa di sekitar anda.

Salah satu tips sebelem memulai usaha budidaya ikan di desa yang di khususkan untuk penjualan adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan untuk mendapatkan data faktual mengenai harga ikan yang biasanya dijual di pasaran. Dengan data ini anda akan mudah menentukan apakah hasil budidaya ikan nantinya memiliki daya saing.

Selain menyasar warga desa, hasil budidaya ikan yang anda kembangkan nantinya juga bisa anda pasok ke desa lainnya atau anda bisa menjualnya di kota.

Bagi anda yang tinggal di desa dan berbatasan dengan kota, tentu saja anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli karena ada begitu banyak usaha-usaha yang membutuhkan pasokan ikan hasil budidaya sebagai produk utama usaha mereka misalnya, restauran, warung-warung makan dan industri pengolahan lainnya.

Beberapa jenis ikan yang umumnya memiliki nilai jual dan cepat laku di pasaran adalah ikan lele, ikan mas, gurame, ikan patin dan ikan nila.

15. Pertamini

Kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak sangat tinggi, karena selain untuk kendaraan, bbm juga banyak digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan lain seperti untuk mesin pertanian, mesin perahu untuk nelayan, atau mesin pabrik penggilingan dan pengolahan hasil pertanian dan lain sebagainya. Yang jadi masalah terkadang masyarakat di desa menemui kesulitan untuk mendapatkan BBM karena tidak adanya pom bensin atau SPBU yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Nah jika anda tinggal di desa yang mengalami masalah ini, maka anda bisa membuka usaha pertamini yang tentu saja bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan BBM.

Peluang usaha pertamini ini sangat cocok dikembangkan di desa berkembang atau desa-desa yang sudah mulai maju. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pertamini ini adalah :

- Satu Unit pertamini dengan harga sekitar Rp 5.000.000
- Modal untuk pembelian 100 liter bensin @6500 = Rp 650.000
- Biaya operasional listrik/bulan sekitar = Rp 60.000
- Alat pemadam kebakaran sekitar Rp 150.000
- Biaya lain sekitar Rp 1.500.000

Jadi total sekitar Rp 7.360.000

Biaya ini hanyalah sebagai gambaran saja dan bisa anda jadikan acuan modal untuk memulai usaha pertamini di desa.

Untuk peralatan pertamini juga sekarang lebih mudah di dapatkan, karena sudah banyak di jual secara online di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, atau di blibli.com

16. Toko Mainan Anak

Anak-anak baik yang anda di kota ataupun di desa sudah barang tentu menjadi pangsa pasar yang empuk untuk bisnis mainan. Nah anda bisa membidik pasar anak-anak dengan membuka toko mainan di desa anda. 

17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar

Anda tidak perlu menjual mainan-mainan mewah seperti yang ada di toko-toko mainan yang ada di kota-kota besar yang biasanya juga memiliki harga yang sangat mahal, sesuaikan saja dengan tingkat kemampuan dari rumah tangga yang ada di de desa anda. Ada begita banyak mainan anak-anak yang bisa anda beli dengan harga murah secara grosiran yang bisa anda jual kembali di desa.

Anak-anak di desa pun rata-rata sangat sederhana dan cenderung bermain dengan segala bentuk mainan, baik yang mainan yang mereka buat sendiri ataupun mainan-maianan lain seperti mobil-mobilan, pistol mainan dengan harga murah meriah.

17. Menjual Baju,Sendal dan Sepatu Murah

Murah di sini bukan berarti murahan sebab anda bisa menjual berbagai macam baju, sendal dan sepatu murah tapi tetap memiliki kualitas yang cukup baik. Pakaian, sendal dan sepatu adalah salah jenis produk yang tida pernah kehabisan konsumen karena memang termasuk barang yang sangat di butuhkan.

Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah anda untuk membuka usaha ini. Anda juga bisa memilih jalur door to door untuk mempromosikan dagangan anda. Anda bisa berbelanja ke kota 1-2 per dua minggu untuk membeli baju, sendal atau sepatu secara grosiran agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Beberapa jenis pakaian yang biasanya cukup laku adalah, daster, baju bayi dan anak-anak, serta baju-baju kaos.

Itulah sekilas ulasan mengenai 17 usaha sampingan di desa yang potensial dan menjanjikan yang dapat kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "17 Usaha Sampingan di Desa Yang Potensial Menjanjikan Untung Besar"

Posting Komentar