7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan


7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Memiliki usaha unik di desa dapat menjadi salah satu alternatif pekerjaan sampingan warga desa agar dapat menambah penghasilan. Usaha unik di desa dapat dikatakan minim pesaing karena kemungkinan belum banyak orang yang menjalankan usaha yang serupa sehingga potensi keutungan yang akan diperoleh pun bisa diandalkan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Lantas usaha unik di desa yang seperti apa yang layak untuk dikembangkan? Baca terus tulisan ini agar anda bisa mendapatkan inspirasi usaha sampingan di desa yang cocok untuk anda jalankan.
Baca juga : 20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang Menjanjikan

7 Usaha Unik di Desa Yang Layak Untuk Anda Coba


1. Jasa Sewa Peralatan Bayi 

Jasa sewa perawatan bayi saat ini begitu marak dan sangat diminati. Usaha jasa alat perawatan bayi ini umumnya banyak dijalankan dikota dimana para pelangannya yang baru memiliki bayi sangat terbantu dengan adanya usaha penyewaan alat perawatan bayi tersebut.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Ini disebabkan karena peralatan bayi biasanya bersifat sementara dan digunakan hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, sehingga rata-rata orang banyak memilih untuk menyewa peratalan bayi dari pada harus membelinya.

Nah jika anda mencari salah satu jenis peluang usaha baru yang layak untuk anda coba di desa maka jasa penyewaan peralatan bayi ini layak untuk anda pertimbangkan.

Beberapa peralatan bayi yang banyak disewakan seperti, kursi makan bayi, box bayi, pompa asi, mainan bayi, sampai freezer bayi serta peralatan bayi lainnya.

Masa penyewaan pun cukup beragam karena bisa dimulai dengan rentang satu bulan sampai enam bulan masa penyewaan. Tergantung dari kebutuhan pelanggan dan juga akad dari penyewa dan penyedia jasanya.

Usaha unik jasa sewa peralatan bayi ini cukup menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa melakukan promosi secara door to door ke warga desa disekitar tempat tinggal anda yang baru memiliki bayi.

2. Usaha Wedding Organizer

Wedding organizer (WO) atau perencana pernikahan menjadi salah jenis usaha yang saat ini sedang mengalami trend yang cukup signifikan.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Perkawinan atau pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral sehingga membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat menciptakan acara pernikahan yang sempurna. Tidak semua orang mampu merencanakan sebuah acara pernikahan yang mampu menciptakan momen berharga yang bisa dikenang sepanjang hidup.

Disinilah peran seorang usaha wedding organizer untuk mengambil kesempatan dalam menawaran jasa perencanaan pernikahan.

Usaha wedding organizer saat ini memang banyak menarik pelanggan yang ada di kota-kota besar, namun tidak menutup kemungkinan bisnis wo juga cukup potensin untuk menyasar hajatan perkawinan di desa.
Baca juga : Cara Memulai Usaha Wedding Organizer (WO) Untuk Pemula

3. Menekuni Bisnis Online

Selain bisnis offline atau usaha yang dijalankan secara konvensional, jenis usaha lain yang juga tidak kalah menjanjikannya untuk ditekuni adalah usaha yang dijalankan secara online atau bisnis online.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Bisnis online di desa dapat dilakukan dengan modal yang kecil dengan jam kerja yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satu ide usaha unik di desa yang berbasis bisnis online adalah dengan jual beli online.

Untuk menjalankan usaha jual beli online ini tentu saja anda membutuhkan jaringan internet atau data internet. Anda bisa memilih menjadi seorang dropshiper atau seorang reseller dari salah satu produk yang anda dapatkan melalui suplier yang anda bisa anda temukan di berbagai marketpalce besar seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lain sebagainya.

Yang anda lakukan cukup melakukan promosi secara online melalui media-media sosial untuk mendapatkan pembeli. Ingin membuka usaha online yang lebih besar lagi, anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat toko online yang nantinya anda khususkan menjual barang-barang hasil kreasi warga desa anda seperti hasil kerajinan tangan atau barang-barang kreatif yang diolah dari barang-barang bekas.

4. Budidaya Jamur Tiram

Tidak lengkapnya rasanya jika tidak memasukkan usaha di desa yang berkaitan dengan usaha budidaya. Pasalnya salah satu sektor unggulan dan banyak dilakoni oleh masyarakat pedesaan adalah kegiatan budidaya, baik budidaya pertanian, budidaya perikanan, budidaya tanaman dan budidaya agribisnis lainnya.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Nah salah satu usaha budidaya unik yang bisa dikembangkan di desa adalah budidaya jamur tiram. Budidaya jamur tiram merupakan salah satu peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan dan bisa dilakukan dengan modal kecil.

Selain itu salah satu kemudahan untuk mengembangkan usaha budidaya jamur tiram di sana adalah tersedianya bahan baku yang diperlukan sebagai media budidaya yang bisa didapatkan secara cuma-cuma atau yang dibeli dengan harga murah meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak.

Selain beberapa bahan baku yang disebutkan diatas, perlengkapan lainnya adalah drum bekas yang nantinya akan digunakan sebagai wadah menanak log atau baglog. Untuk bahan bakar untuk merebus baglog anda bisa menggunakan kayu bakar yang tentunya cukup banyak tersedia di desa anda.

Ketersediaan lahan yang cukup banyak di desa bisa menjadi modal pendukung lainnya karena anda bisa manfaatkan lahan-lahan luas yang tidak terpakai di sekitar tempat tinggal anda untuk menyimpan ribuan log jamur tiram nantinya.

Saat ini budidaya jamur tiram bisa dilakukan oleh siapa saja, karena teknik budidaya sampai pada proses dan cara pemasarannya bisa di pelajari melalui internet atau belajar pada orang yang sudah lebih dulu menjalankannya. Jika anda sudah terbiasa membuat media tumbuh untuk jamur tiram ini, maka jamur akan tumbuh setiap hari.

Salah satu kisah sukses pengusaha jamur tiram adalah Ibu Mardiana asal kota Makassar yang mengembangkan usaha rumahan jamur tiram dengan modal awal 1 juta rupiah dan kini bisa meraup omzet hingga Rp 60 juta/bulan. Anda bisa membaca kisah inspirasinya melalui tautan ini

5. Menjadi Guru Privat

Usaha ini termasuk salah satu usaha dibidang jasa yang sangat cocok dijalankan oleh warga desa yang menguasai salah satu bidang keilmuan atau mata pelajaran sekolah. Usaha ini tentu saja bisa menjadi usaha sampingan untuk guru di desa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Usaha guru privat di desa menjadi salah satu jenis usaha unik karena belum banyak dikembangkan di desa. Minim peluang karena tidak banyak orang yang memiliki kemampuan dalam menguasi salah satu bidang keilmuan kecuali dia menekuninya hingga perguruan tinggi.

Nah bagi anda yang mungkin seorang sarjana pendidikan dan saat ini kesulitan mendapatkan pekerjaan, ada baiknya anda mengkonversi kemampuan di bidang pendidikan dan keilmuan yang anda miliki dengan mencoba mengelola usaha dengan menjadi guru privat atau membuka les atau kursus di desa anda.
Baca juga : 15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

6. Usaha Angkringan Wifi

Angkringan bisa menjadi salah satu solusi tepat bagi mereka yang suka berkumpul dan mengobrol bersama dengan teman dan rekan kerja. Salah satu keunikan dari warga desa yang senang berkumpul dengans sesama warga lainnya sambil menyeruput kopi panas bisa menjadi peluang yang bisa anda maksimalkan menjadi usaha.

7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan

Buka saja warung akngringan sederhana yang menyajikan berbagai macam aneka makanan ringan seperti pisang goreng, ubi goreng dan makanan ringan lainnya. Jangan lupa jadikan menu kopi panas atau teh panas sebagai menu minuman utama anda.

Untuk menarik minat pemuda atau remaja yang ada di desa, anda bisa menyediakan fasilitas wifi gratis. Yang namanya gratisan siapapun pasti suka, seperti kata pepatah, ada gula ada semut.

7. Budidaya Sayuran Hidroponik

Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah anda dengan membudidayakan sayuran hidroponik. Peluang usaha tanaman hidroponik saat ini cukup cemerlang dan menjanjikan. Ada banyak kelebihan yang didapatkan dari bertanam hidroponik ini. Yakni selain bisa dimanfaatkan di lahan terbatas, ternyata kelebihannya adalah ramah lingkungan dan lebih irit biaya.

Tapi perlu diingat, media tanam ini akan memakan biaya cukup mahal di awal. Tapi setelahnya, akan terasa lebih murah karena media tanamnya bisa didapatkan dengan mudah seperti menggunakan botol bekas dan lain sebagainya.

Keterkaitan dengan bisnis, Anda tentu saja bisa mendapatkan raupan uang cukup besar ketika mulai melirik bisnis sayuran hidroponik ini. Beberapa jenis sayuran yang umumnya di budidayakan adalaj selada, bayam,sawi,kangkung, lobak dan cabe.
Baca juga : 10 Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Sangat Menguntungkan

Demikian ulasan singkat mengenai 7 usaha unik di desa minim pesaing dan menguntungkan yang dapat kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Usaha Unik di Desa Minim Pesaing dan Menguntungkan "

Posting Komentar