22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan


22 peluang usaha di desa berkembang yang menjanjikan adalah tajuk utama dalam tulisan kali ini. Jika anda mencari beberapa ide dan peluang usaha di desa berkembang yang memiliki prospek yang cerah, maka tulisan kali ini sekiranya dapat membantu anda, karena kita akan mengupas secara lebih dalam apa saja jenis peluang usaha di desa berkembang yang cocok untuk dikembangkan bahkan dengan modal kecil sekalipun.

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Menciptakan peluang usaha di kampung bisa menjadi salah satu cara yang patut dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Sebagaimana kita ketahui bersama jika persaingan dunia kerja saat ini semakin ketat. Banyak orang-orang di desa yang berangkat ke kota demi mendapatkan pekerjaan, bahkan jika di analisa lebih dalam ada begitu banyak peluang bisnis di desa yang bisa di coba bahkan memiliki prospek yang cerah dan menguntungkan. Peluang bisnis di desa berkembang yang akan kita bahas kali ini bukan hanya semata-mata berangkat dari modal saja, akan tetapi juga berasal dari minat dan keahlian yang dimiliki dan bagaimana mengeksplorenya menjadi peluang bisnis.

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menguntungkan dan Bisa anda coba sekarang Juga 


Jika anda memiliki harapan untuk memiliki usaha di desa yang bisa andalkan di masa yang akan datang, maka beberapa contoh peluang usaha berikut bisa anda pertimbangkan 

Peluang Usaha Rumahan di Desa Berbasis Keahlian


Salah satu ide dan peluang usaha di desa yang menjanjikan bisa datang dari mana saja, salah satunya berbasis minat dan keahlian yang kita miliki. Dan tentu saja usaha yang seperti ini akan lebih mudah pengelolaannya karena memang sesuai dengan passion atau keahlian kita. Beberapa contoh  usaha berbasis kehalian yang bisa dikembangkan yaitu :

Usaha Menjahit

Usaha menjahit pakaian masih menjadi jenis usaha di desa yang banyak dilakukan. Bagi anda yang memiliki keahlian dalam menjahit menggunakan mesin, anda bisa mencoba usaha ini. Menjahit menggunakan mesin tentu saja memiliki waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat sehingga dapat menjadi modal utama untuk mendapatkan pelanggan yang notabene nya tidak memiliki waktu untuk menjahit pakaiannya sendiri atau bahkan tidak memiliki keahlian menjahit sama sekali.

Selain menyasar konsumen perorangan,  untuk melebarkan sayap dari usaha menjahit anda, anda bisa membuka konveksi kecil-kecilan dan menawarkan orderan pakaian ke sekolah-sekolah atau lembaga-lembaga yang ada di desa misalnya majelis taklim atau ibu-ibu PKK.

Jasa Rias Pengantin

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Salah satu peluang usaha jasa di desa berkembang yang layak di coba adalah jasa rias pengantin. Biasanya banyak penduduk desa yang akan menikah sering menggunakan jasa rias pengantin dari kota. Nah jika anda memiliki keahlian dalam hal merias pengantin usaha ini sangat terbuka lebar untuk anda kembangkan. Tentu saja anda bisa memberikan tarif yang lebih murah dibandingkan jasa rias pengantin yang berasal dari luar desa anda. Selain untuk hajatan perkawinan atau pernikahan, anda juga bisa menawarkan jasa rias wajah untuk acara-acara resmi lainnya. (Baca juga : cara memulai usaha wedding organizer)

Barbershop

Usaha barbershop atau jasa potong rambut menjadi salah satu peluang bisnis di desa berkembang yang memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Jasa potong rambut ini pun bisa dikatakan minim pesaing karena memang tidak semua orang memiliki keahlian untuk mencukur rambut. Untuk anak-anak muda di desa membuka usaha barbershop bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Usaha jasa potong rambut ini pun terbilang usaha modal kecil karena anda bisa memulainya dengan memanfaatkan lahan atau ruangan di rumah anda misalnya teras rumah anda. Yang anda butuhkan hanyalah modal gunting, sisir, alat cukur elektrik, cermin dan beberapa peralatan lainnya.  

Yang paling penting dari usaha jasa potong rambut ini adalah dengan memberikan pelayanan maksimal dengan terus melakukan inovasi dengan mempelajari banyak jenis model rambut dan teknik pemotongan rambut. Yang penting pelanggan anda puas dengan jasa anda.

Jika usaha anda sudah mulai ramai, maka anda bisa mulai memberikan pelayanan ekstra misalnya perawatan wajah, creambath atau bahkan anda bisa juga berjualan aneka kosmetik.

Servis Elektronik

Jika anda memiliki keahlian dalam dunia servis elektronik, maka usaha jasa servis elektronik menjadi salah satu peluang berwirausaha di desa yang sayang untuk anda lewatkan.

Masih banyak orang yang merasa sayang untuk membuang barang-barang elektronik seperti TV, Handphone, Radio, Mesin Cuci, Kulkas, Kipas angin dan lain sebagainya yang sudah rusak karena memang masih tergolong barang mahal.

Jadi peluang untuk membuka jasa servis dari barang-barang ini sangat terbuka untuk dikembangkan. Anda bisa membuka usaha servis anda di rumah namun pastikan anda memiliki ruangan yang cukup luas untuk menampung barang-barang elektronik yang rusak milik pelanggan anda.

Usaha Kerajinan Tangan

Pada umumnya kehidupan adat istiadat di desa masih sangat kental dan biasanya di cirikan khusus dari kerajinan tangan. usaha kerajinan tangan sangat berkembang pesat khususnya di desa-desa yang sering dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan baik domestik ataupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Beberapa kerajinan tangan yang banyak di jual di pasaran kebanyak berasal dari hasil karya tangan-tangan terampil dari orang-orang di desa. 

Selain dijual kepada wisatawan, biasanya barang-barang kerajinan tangan ini juga bisa di jual di daerah perkotaan. Usaha kerajinan tangan ini sangatlah cocok dikembangkan menjadi peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga.

Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari gelang, kalung dari rumah kerang sampai kerajinan tangan seperti kain batik dan tenun. Selain menjaga dan melestarikan budaya lokal, penduduk desa juga bisa memiliki penghasilan yang cukup dari usaha kerajinan tangan ini.

Jasa Desain Undangan Unik

Jika anda memiliki bakat menggambar maka salah satu cara menciptakan peluang bisnis di desa dari bakat yang anda miliki adalah dengan mencoba membuka jasa desain undangan unik. Ini bisa saja menjadi salah satu usaha unik di desa yang akan membuat anda memiliki penghasilan tambahan. Salah satu desain undangan unik adalah desain undangan pernikahan dimana desainnya anda buat dengan sketsa wajah dari kedua mempelai seperti contoh gambar di bawah ini.  Menarik bukan ?

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Selain dengan teknik menggambar secara manual, anda bisa mengasah keterampilan anda dengan banyak belajar teknik penggambaran secara digital. Saat anda sudah mulai ahli maka usaha lain seperti jasa desain grafis bisa anda coba. Sekarang ini kebutuhan seni disain grafis bukan hanya kebutuhan orang kota melainkan juga warga pedesaan. Beragam aktivitas membutuhkan jasa ini seperti pernikahan, khitanan hingga pembuatan tulisan untuk toko, bengkel dan sebagainya.

Jasa Fotografi

Jika anda memiliki hobi dan keahlian dalam dunia fotografi maka peluang bisnis fotografi bisa di bilang menjadi ladang bisnis yang menjanjikan untuk di anda coba di desa.

Salah satu contoh usaha fotografi di desa  yang bisa anda lakukan adalah fotografi pra wedding dan acara pernikahan. 

Bimbingan Belajar

Seiring dengan perkambangan zaman, sudah banyak orang-orang di desa terlebih di desa-desa berkembang yang sudah sangat sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.

Mereka juga sudah mulai memikirkan pelajaran tambahan apa yang sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan dan kepandaian buah hatinya. Maka saat anda membuka bimbingan belajar maka bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran pelanggan :)

Usaha bimbingan belajar di desa bisa anda mulai dengan memanfaatkan salah satu ruangan di rumah anda, tidak perlu besar, ukuran ruangan 3.x 4 meter pun sudah terasa cukup untuk menampung anak-anak yang mengikuti bimbel anda.

Untuk tarif anda bisa mengawalinya dengan memberikan tarif yang murah. Jika sudah melihat hasilnya maka orang tua pasti akan melanjutkan untuk menitipkan anaknya di lembaga pendidikan anda.

Contoh Peluang Usaha di Desa Dengan Modal Kecil


Selain jenis usaha yang berbasis pada keahlian, masih ada beberapa peluang bisnis yang bisa anda coba untuk anda kembangkan di desa dengan menggunakan modal yang relatif kecil seperti :

Membuka toko kelontong

Untuk membuka toko kelontong, anda pada dasarnya tidaklah membutuhkan ruangan yang besar. Ada bahkan bisa memanfaatkan teras rumah menjadi toko kelontong anda. Toko kelontong adalah salah satu jenis usaha dagang di desa yang cukup menjanjikan karena keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, anda bisa menjual berbagai macam produk mulai dari sembako,makanan dan minuman ringan serta berbagai jenis produk dagangan lainnya.

Untuk modalnya pun relatif kecil, bisa dimulai dengan modal 3-5 juta rupiah saja. 

Usaha Jualan Pulsa

Saat ini rata-rata penduduk indonesia sudah sangat familiar dengan yang namanya handphone baik yang model biasa sampai handphone jenis android. Kebutuhan sebuah alat komunikasi seperti handphone memudahkan kita untuk melakukan komunikasi menghubungi sanak saudara, teman maupun relasi kerja yang berada jauh. Sehingga salah satu peluang usaha rumahan di desa dengan modal kecil yang bisa dikembangkan adalah dengan membuka usaha penjualan pulsa. 

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Selain menjual pulsa, anda juga bisa menjual paket data internet karena sudah banyak juga penduduk desa yang sudah familiar dengan dunia internet sehingga mereka juga tentunya sangat membutuhkan paket kuota internet untuk sedekar berselancar di media sosial, membuka youtube atau bahkan sebagai keperluan untuk bisnis mereka.

Usaha Makanan Ringan

Usaha makanan ringan memang menjadi salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya dan masih menjadi salah satu jenis usaha yang masih sangat berpotensi untuk dikembangkan saat ini baik di kota-kota besar bahkan di desa. (Baca juga : 17 Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Untung Jutaan)

Usaha makanan ringan ini bisa dimulai dengan membuat snack, kerupuk, kue-kue basah seperti puding dan lainnya sangat cocok di kembangkan di desa. Anda bisa membuat berbagai macam varian makanan ringan untuk anda titipkan di warung-warung di sekitar tempat tinggal ada. Anda juga bisa menawarkan pesanan kue-kue dalam untuk hajatan seperti acara pernikahan, khitanan atau acara resmi yang di adakan oleh pemerintahan desa. Tentu saja modal yang diperlukan untuk membuka bisnis makanan ringan ini pun bisa di mulai dengan modal yang relatif kecil.

Menjadi Reseler atau Dropship Produk Untuk Warga Desa

Salah satu usaha potensial di desa yang menggunakan modal relatif kecil namun cukup menguntungkan untuk anda garap andalah dengan menjadi pengusaha bisnis online. Usaha bisnis online yang dimaksud disini adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper salah satu produk yang dijual secara online. (Baca juga : 13 Peluang Bisnis Online 2019 Modal Kecil Yang Dapat Anda Mulai Sekarang Juga)

Pada umumnya masih banyak penduduk di desa yang masih sangat umum melakukan pembelian secara online, nah anda bisa mengambil peluang ini. Anda bisa menawarkan produk-produk online kepada beberapa orang yang sekiranya tertarik dengan barang tersebut kemudian andalah yang melakukan orderan lalu kemudian menjulanya secara offline di desa.  

Menjual Pakaian

Usaha dagang apapun produknya selalu menjadi jenis usaha yang menguntungkan. Salah satu jenis usaha dagang di desa yang bisa anda coba adalah menjula pakaian. Anda bisa menjula berbagai macam jenis pakaian seperti baju anak-anak, mukena,daster, kaos dan lain-lain.

Anda bisa berangkat ke kota sebulan sekali untuk belanja berbagai jenis pakaian lalu kemudian anda jual di tempat anda.

Peluang Usaha Sampingan di Desa Berbasis Peternakan

Peluang usaha ternak di desa adalah satu dari sekian banyak usaha yang sudah terbukti menguntungkan. Ada beberapa contoh usaha peternakan yang bisa coba adalah :

Ternak ayam kampung 

Salah satu modal utama yang di miliki oleh desa adalah masih tersedianya lahan-lahan kosong yang bisa di sulap menjadi salah satu wadah untuk mendirikan usaha, salah satunya dengan ternak ayam potong.

Usaha ternak ayam potong ini nantinya bisa dijual di desa dan juga bisa di kirim ke kota untuk memenuhi permintaan pasar. Saat ini harga daging kampung cenderung stabil di pasaran sehingga menjadikan usaha ternak ayam ini memiliki prospek yang cukup cerah.

Anda bisa memaksimalkan lahan kosong yang anda miliki untuk anda jadikan tempat usaha anda. anda bisa memagari pekarangan rumah anda yang luas agar ayam-ayam kampung yang anda pelihara tidak berkeliaran. Yang perlu anda perhatikan dalam usaha ini adalah bagaimana mencari bibit unggul, menandai ayam kampung yang siap jual serta pemberian pakan.

Untuk pakan, anda cukup diuntungkan karena di desa anda bisa mendapatkan bahan dasar pakan organik secara mudah dan mengolahnya menjadi pakan yang bergizi untuk ternak ayam kampung anda.

Ternak Jangkrik

Salah satu jenis usaha unik di desa yang saat ini banyak di kembangkan di berbagai daerah adalah ternak jangkrik. Usaha ternak jangkrik terbilang salah satu usaha modal kecil yang cukup menguntungkan.

Usaha ternak jangkrik ini menyasar banyak sektor seperti usaha-usaha pemancingan, para penggemar burung dan juga usaha kuliner karena ternyata usaha kuliner berbahan dasar jangkrik seperti kerupuk jangkrik saat ini memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Lebih jelasnya anda bisa membaca artikel kami soal peluang usaha ternak jangkrik,analisa modal dan keuntungannya.

Peluang Usaha di Desa Berbasis Budidaya Perikanan

Selain usaha peternakan, salah jenis peluang bisnis di desa yang yang patut anda pertimbangkan adalah usaha-usaha di bidang perikanan.

Ketersediaan lahan di desa yang cukup luas di desa dapat di olah menjadi usaha-usaha budidaya perikanan, beberapa contohnya adalah :

Budidaya ikan lele

Budidaya ikan lele adalah salah satu jenis usaha budidaya perikanan yang relatif mudah untuk dilakukan. karena dapat di budidayakan di lahan dengan sumber air terbatas, kemudian teknologi yang di gunakan relative mudah, modal relative rendah dan padat tebar tinggi. 

Ikan lele juga juga termasuk jenis ikan air tawar yang memiliki ketahahan hidup yang tinggi bahkan memiliki alat bantu pernafasan yang membantunya bertahan hidup dengan sangat baik. Ikan lele juga termasuk jenis ikan dengan nilai ekonomis yang tinggi karena banyak orang yang sangat menggemari jenis ikan yang satu ini. Salah satu jenis ikan lele yang banyak di budidayakan saat ini adalah jenis ikan lele sangkuriang, dan dibudidayakan dengan berbagai macam teknik salah satunya dengan teknik budidaya kolam terpal. Selengkapnya anda bisa baca Tips dan Analisa Usaha Budidaya Lele Sangkuriang Di Kolam Terpal

Budidaya rumput laut

Selain budidaya ikan lele, salah satu jenis usaha perikanan yang memiliki propek cerah untuk dikembangkan di desa berkembang adalah budidaya rumput laut dan tentu saja sangat cocok untuk di kembangkan di desa-desa pesisir.

Permintaan pasar rumput laut saat ini semakin tinggi karena banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam produk seperti bahan pembuatan agar-agar sampai bahan-bahan pembuatan kosmetik.

Peluang Bisnis di desa Berkembang berbasis Pertanian

Tidak bisa dipungkiri jika usaha pertanian masih menjadi primadona usaha yang sangat banyak di kembangkan di desa di seluruh wilayah tanah air mulai dari sabang hingga merauke.

Jika anda tidak memiliki lahan pertanian yang bisa anda kelola, anda masih bisa membuka usaha yang masih ada kaitannya dengan pertanian yaitu :

Membuka toko pupuk

Permintaan pupuk ini tidak pernah sepi dikarena kebutuhan petani akan pupuk sangat tinggi. Terlebih jika memasuki musim tanam, maka toko-toko penyedia pupuk selalu manis dan diserbu banyak petani.

Jika anda sedang memikirkan apa saja peluang usaha pertanian di desa yang memiliki prospek cerah untuk saat ini maka bisnis pupuk pertanian adalah salah satu jenis usaha yang layak anda pertimbangkan.

Selain pupuk anda juga menjual produk pertanian lainnya seperti bibit-bibit tanaman dan juga alat-alat pertanian yang tentunya akan semakin menambah penghasilan anda.

Anda juga bisa mencoba berinovasi dengan mencoba peruntungan menjual pupuk-pupuk jenis organik yang tentunya sangat ramah lingkungan.

Budidaya sayuran organik

Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi sayuran organik. Permintaan pasar sayuran organik di kota-kota besar memiliki trend peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu peluang usaha yang bisa memberikan kesempatan untuk menjadi salah satu pengusaha sukses di desa anda.

Ketersediaan lahan yang luas menjadi salah satu modal utama mengapa usaha budidaya sayuran organik memiliki potensial yang layak di kembangkan di desa. Hasil budidaya sayuran organik ini nantinya bisa anda pasok ke kota-kota besar karena memang permintaanya cukup besar di sana. Anda bisa membangun jaringan pemasaran dengan swalayan-swalayan, rumah tangga dan maupun restoran. ( Baca juga : 9 Budidaya Tanaman Yang Menjanjikan Keuntungan Besar)

Peluang usaha di desa berkembang berbasis perkebunan

Salah satu cara menciptakan peluang usaha di desa adalah dengan mengetahui apa potensi dari sumber daya alam yang dimiliki oleh desa, dan salah satu sumber daya alam yang tentunya dimiliki oleh desa adalah ketersediaan lahan yang luas sehingga banyak di olah menjadi lahan perkebunan.

Ada beberapa jenis usaha perkebunan yang bisa anda kembangkan di desa seperti usaha budidaya jagung, tebu singkong, teh, cengkeh, kelapa dan sebagainya.

22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Hasil panennya bisa dijual di desa setempat atau anda juga bisa menjual di kota.Selain beberapa jenis tanaman di atas, anda juga bisa mencoba memaksimalkan lahan kosong yang anda miliki dengan menanam berbagai jenis sayuran seperti tomat, mentimun, kacang panjang, bayam dan sayuran jenis lainnya. Hasil panennya bisa anda konsumsi sendiri dan bsa anda jual di desa dengan berkeliling kampung atau bisa anda jual di depan rumah anda.

Usaha Potensial di Desa Lainnya 

Selain beberapa jenis usaha yang telah kami paparkan di atas, beberapa jenis usaha lainnya yang juga memiliki potensi yang cukup layak untuk dikembangkan desa adalah dengan 

Membuka usaha pertamini

Sudah banyak warga desa yang memiliki kendaraan pribadi baik motor bahkan mobil. Membuka pertamini bisa menjadi salah satu jenis usaha di desa yang busa anda pertimbangkan. Apalagi jika desa yang anda tempati jauh dari SPBU. 

Menjadi Pengepul 

Pada umumnya penduduk desa memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian perkebunan, dan perikanan. Anda bisa membuka bisnis pengepul dengan membeli barang-barang langsung dari petani atau nelayan di sekitar tempat tinggal anda untuk anda jual kembali.

Membuka Jasa pengetikan dan Print 

Usaha jasa pengetikan dan print juga termasuk usaha yang saat ini banyak berkembang di desa-desa. Hal ini didasarkan karena banyak pelajar yang terkadang memiliki kesulitan untuk mencetak tugas-tugas sekolah mereka dan harus berangkat ke kota hanya sekedar untuk mengeprint tugas mereka. Jika anda membuka usaha pengetikan dan print tentu saja mereka akan lebih memilih ketempat anda.

Penutup

Itulah berbagai jenis peluang usaha di desa berkembang yang sekiranya bisa anda pertimbangkan untuk anda jadikan sebagai usaha rumahan yang dapat anda kembangkan di desa tempat tinggal anda. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "22 Peluang Usaha di Desa Berkembang Yang Menjanjikan"

Posting Komentar