15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan


15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

Apa saja peluang usaha sampingan guru honorer di desa yang layak untuk di coba saat ini ? Jika anda membutuhkan informasi seputar peluang usaha untuk guru honorer, maka tulisan dengan tajuk 15 usaha sampingan guru honorer di desa yang akan kami sajikan kali ini sekiranya bisa menjadi bahan referensi yang berharga buat anda, karena kami akan memaparkannya secara lebih detail tentang beragam ide usaha sampingan guru honorer di desa yang bisa anda kembangkan baik yang berbasis dari keahlian, minat dan bahkan berdasarkan kemampuan modal yang anda miliki.

Pada umumnya penghasilan guru honorer baik yang ada di perkotaan bahkan guru honorer di desa bisa dikatakan jauh dari kata memuaskan. Bahkan beberapa kasus banyak guru honorer yang bekerja sangat giat tapi tidak mendapatkan imbalan jasa yang pantas. Untuk itulah salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan sampingan maka banyak guru honorer yang kemudian melirik untuk mencari peluang usaha sampingan. Untuk memiliki usaha, tentu saja guru honorer di desa harus mampu memetakan dan mengetahui peluang bisnis sampingan guru honorer di desa yang seperti apa yang layak dikembangkan sehingga nantinya dapat menopang pendapatan dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Salah satu keuntungan jadi guru honorer adalah adanya ketersediaan waktu luang yang cukup banyak dibandingkan guru PNS. Waktu luang yang banyak ini ada baiknya bisa dikelola dan digunakan untuk hal-hal yang positif misalnya dengan mengelola bisnis sampingan.

Ada begitu banyak kisah-kisah inspirasi dari banyak orang yang sukses membangun kerajaan bisnisnya di mulai dengan membangun usaha sampingan dengan modal yang kecil. Tentu saja jika di lakoni secara serius dan pantang menyerah, anda juga bisa membuat sejarah baru dengan menjadi salah satu guru honorer yang sukses jadi pebisnis. Mungkin terdengar sangat Hiperbola, tapi jika anda benar-benar tekun dan tidak gampang menyerah harapan itu bisa saja menjadi sebuah kenyataan.

Untuk itu tulisan kali ini akan lebih dalam memaparkan kepada anda apa saja pekerjaan sampingan guru di rumah yang bisa dikelola menjadi sebuah unit usaha yang mengutungkan. Berikut ini beberapa ide peluang usaha sampingan guru honorer yang layak anda coba.

15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menjanjikan

Ada 3 Jenis Peluang usaha sampingan di desa yang cocok untuk guru honorer di desa yang kami paparkan dalam tulisan ini, yakni ide usaha yang berbasis pada keahlian, minat dan kemampuan modal. Mari kita bedah satu persatu :

Usaha Sampingan Untuk Guru Hononer Berbasis Keahlian


1. Membuka Les Privat


Proses ajar mengajar tentu saja menjadi salah satu keahlian utama yang di miliki oleh Semua guru tak terkecuali guru honorer. Oleh karena itu membuka les privat atau bimbingan belajar adalah peluang usaha sampingan yang sangat cocok untuk guru honorer di desa dan patut untuk anda pertimbangkan.

Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak orang tua di desa yang sadar akan pentingnya pendidikan bagi anaknya. Kegiatan bimbingan belajar juga sangat di sukai oleh banyak orang tua karena anaknya akan lebih fokus dalam belajar karena mendapatkan bimbingan dan perhatian penuh dari guru privat. Disamping itu kegiatan bimbingan belajar mampu meningkatkan kemampuan dan pemahaman seorang siswa terhadap satu mata pelajaran. 

15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

Usaha sampingan les privat bagi guru honorer ini tentu saja cukup menjanjikan untuk di kelola. Sebagai seorang guru anda bisa membuka les privat ini di rumah anda, sehingga anda tidak memerlukan modal tambahan lagi untuk persoalan tempat. Jika anda menguasai beberapa mata pelajaran, anda bisa membuka bimbingan belajar lebih dari satu mata pelajaran. 

Selain membuka les privat di rumah, anda juga bisa menawarkan diri menjadi seorang guru privat yang langsung mengajar di rumah siswa. Anda bisa menentukan nilai Salary atau Upah dari jasa anda bergantung dengan jumlah pertemuan. Waktu mengajarnya pun cenderung fleksibel karena bisa anda lakukan di sore hari sampai malam hari.
Baca juga : 30 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Pabrik Yang Menguntungkan

2. Membuka Les Komputer


Membuka usaha les komputer di desa dapat dikatakan sebagai salah satu usaha potensial di desa yang layak diperhitungkan. Berbeda dengan perkotaan, kehidupan masyarakat di desa yang sangat identik dengan kesederhanaanya bisa menjadi gambaran jika tidak semua siswa memiliki komputer atau laptop. Sementara tuntutan dari perkembangan jaman dan level tingkat pendidikan saat ini menuntut siswa baik yang masih duduk di Sekolah dasar (sd) sampai tingkatan Sekolah menengah atas (SMA) benar-benar harus sudah familiar dengan yang namanya pengetahuan komputer.

Tentu saja ini menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang sayang untu anda lewatkan. Jika anda memiliki 2-3 unit Laptop atau komputer di rumah, anda bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha les komputer yang anda tujukan kepada anak-anak sekolah di desa anda.

Materi yang anda ajarkan tidak perlu materi-materi level tinggi, cukup materi-materi dasar ilmu komputer saja seperti Microsoft word, Excel, Powerpoint dan materi dasar lainnya. Usaha les komputer di desa cukup menjanjikan apalagi jika anda menjadi orang pertama yang mengembangkan usaha ini di desa anda. Untuk biaya nya anda bisa atur sendiri dan tentu saja fleksibel tergantung dari kemampuan ekonomi rata-rata penduduk desa di tempat anda.


3. Kursus Bahasa Asing


Jika anda memiliki keahlian serta menguasai salah satu bahasa asing, maka ini bisa menjadi modal yang bisa anda kelola untuk membuka usaha sampingan di desa. Kursus bahasa asing pada dasarnya mirip dengan les privat dan bimbingan mata pelajaran hanya saja materinya lebih terkhusus kepada satu sub saja yakni bahasa asing. 

Salah satu hal menarik yang bisa dikatakan salah satu kelebihan dari kurus bahasa asing ini karena anda tidak hanya bisa menyasar anak-anak sekolah saja, anda bisa menyasar orang-orang dewasa lainnya yang kemungkinan sangat membutuhkan jasa les bahasa asing untuk meningkatkan kompetensinya secara personal. Pegawai, guru, bahkan beberapa karyawan swasta yang tinggal di sekitar tempat tinggal anda besar kemungkinan membutuhkan jasa kursus anda karena tuntutan persaingan dunia kerja yang kian ketat dewasa ini. 

4. Usaha Jasa Penerjemah


Selain kursus bahasa asing, jenis usaha sampingan guru honorer yang berbasis pada keahlian dalam menguasai salah satu bahasa asing lainnya adalah dengan membuka usaha jasa penerjemah. 

Jenis usaha ini bahkan bisa dikatakan tanpa modal karena yang anda butuhkan hanyalah keterampilan, kefasihan dan keahlian anda dalam menguasai bahasa asing misalnya bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Arab dan Mandarin. Anda bisa menawarkan jasa penerjemah ini kepada orang-orang yang membutuhkan seperti Mahasiswa, atau bahkan guru lain yang memiliki jurusan yang berbeda dengan anda.

5. Menjadi Penulis Buku


Pada masa ini salah satu syarat kenaikan pangkat dari dengan menulis buku, dan bagi seorang guru menulis sebuah buku bukan hanya sebatas untuk menunjang karir tapi juga bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. 

Bagi anda guru honorer yang memiliki keahlian, minat dan hobby menulis tentu saja menulis buki adalah salah satu kesempatan yang baik untuk memulai suatu usaha. Tidak perlu menarget untuk menulis banyak buku, fokuslah terlebih dahulu untuk menulis satu buah buku saja.

Jika anda nantinya belum bisa diterima oleh penerbit besar, anda bisa mencoba menjual buku karya anda anda sendiri dengan menggunakan media-media promosi seperti sosial media. Satu hal yang paling penting ketika anda menggunakan media sosial sebagai sarana promosi anda yaitu bangunlah branding personal (self publishing) anda terlebih dahulu agar orang-orang tahu siapa dan apa keahlian anda khususnya dari sisi keahlian menulis yang anda miliki. 

Jika memungkinkan buatlah beberapa akun media social yang beragam seperti Facebook, Twitter, Instagram agar semakin banyak yang kenal dengan anda. Jika anda menggunakan Facebook, ada baiknya anda membuat halaman Fanspage khusus yang untuk memperkuat branding anda secara personal.

Saat jumlah liker (fans anda semakin banyak) maka di saat itulah anda sudah bisa memulai menawarkan buku-buku tulisan anda. Memang butuh waktu tapi jika anda fokus dan tekun, strategi seperti ini lambat laun akan berhasil.

Bagaimana ? apakah anda sudah mendapatkan gambaran usaha apa yang cocok untuk anda kembangkan? Jika belum mungkin salah satu dari beberapa jenis usaha sampingan modal kecil di desa dibawah ini menarik bagi anda.

Contoh Usaha Sampingan Guru Modal Kecil Yang Layak Anda Coba


6. Usaha Kerajinan Tangan 


Guru honorer yang biasanya memiliki banyak waktu luang alangkah baiknya jika dimanfaatkan dengan melakukan berbagai macam aktivitas positif atau bahkan bisa menghasilkan uang. Salah kegiatan yang bisa di manfaatkan untuk mengisi waktu luang yang ada adalah dengan memanfatkannya dengan membuat kerajinan tangan. Usaha kerajinan tangan dewasa ini banyak dikembangkan sebagai salah satu usaha di desa yang diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

Bisnis kerajinan tangan yang saat ini sangat berkembang dan memiliki omset yang tidak sedikit adalah usaha kerajinan tangan di desa-desa wisata. Nah jika desa anda adalah salah satu desa wisata, maka tidak ada salahnya jika anda mulai memikirkan untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan ini. Produk-produk kerajinan tangan sangat di gemari oleh para wisatawan baik dalam dan luar negeri karena bentuknya yang unik dan dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

Namun bukan berarti usaha kerajinan tangan ini hanya bisa berkembang di desa wisata saja. Desa-desa lain yang tidak masuk ke dalam kelompok desa wisata tetap memiliki peluang yang sama untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan. Ada begitu banyak usaha kerajinan tangan yang trend saat ini seperti dompet rajutan, sepatu lukis, bantal lukis, dan aksesoris lainnya bahkan di produksi oleh usaha rumahan yang berasal dari desa-desa non pariwisata. 

Anda bisa mengembangkan usaha kerajinan tangan ini secara berkelompok agar jenis serta jumlah produk yang dihasilkan nantinya jauh lebih beragam dan lebih banyak.

Strategi pemasarannya pun cukup banyak bisa anda jual di desa anda sendiri, menjualnya di kota dan memasarkannya secara online.

7. Bisnis Pulsa


Orang-orang di desa saat ini sudah sangat familiar dengan yang namanya handphone, bahkan sudah banyak yang menggunakan handphone berbasis android dengan harga yang mahal. Ini membuktikan jika orang-orang di desa sudah tidak kalah dengan orang kota jika bicara soal handphone. 

Dari fakta di sana, tentu saja usaha berjualan pulsa di desa adalah usaha rumahan yang memiliki potensi keuntungan yang cukup baik. Memulai usaha jualan pulsa pun pada umumnya bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Anda bahkan bisa menjual pulsa tanpa memiliki tempat sekalipun dan hanya bermodalkan handphone anda saja. 

Selain pulsa, anda juga bisa berjualan paket internet karena saat ini kebutuhan akan dunia internet sudah mulai merambah desa-desa, sehingga sudah sangat banyak masyarakat di pedesaan yang melek akan internet, dan tentu saja mereka butuh kuota internet untuk memenuhi kebutuhan mereka berselancar di dunia maya, baik untuk kebutuhan hiburan semata atau bahkan untuk urusan bisnis dan pekerjaan.

8. Usaha Pencucian Motor

Peluan usaha sampingan modal kecil yang cocok untuk guru honorer di desa selanjutnya adalah membuka usaha pencucian motor. Biaya untuk membuka usaha pencucian motor bisa dikatakan relatif kecil karena bisa dimulai dengan hanya mermodalkan pompa air,selang dan sabun dan alat pembersih lainnya. 

Jumlah kendaraan motor yang setiap hari selalu bertambah menjadi salah satu alasan mengapa usaha pencucian motor sangat potensial untuk dikembangkan. Mungkin pencucian mobil butuh biaya yang relatif besar belum lagi tidak banyak orang-orang di desa yang memiliki mobil, sehingga usaha cuci motor menjadi pilihan yang tepat bagi guru honorer di desa yang memiliki keinginian membuka usaha sampingan.

9. Pengepul Hasi Pertanian


Pada umumnya orang-orang di desa memiliki pekerjaan yang selalu berkaitan dengan usaha agribisnis, baik itu dari pertanian, perkebunan, usaha ternak, perikanan dan usaha budidaya tanaman  lainnya. Dan tentu saja dari ini modal utama yang tidak di miliki oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. 

Begitu luas dan beragamnya hasil-hasil pertanian yang ada di desa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjadi salah satu pengepul hasil pertanian di desa anda membeli langsung dari petaninya yang kemudian bisa anda jual kembali baik di desa anda sendiri atau anda ke kota dengan harga yang lebih tinggi. 

Menjadi seorang pengepul hasil pertanian di desa pun bisa dilakukan dengan modal kecil, karena anda bisa menjalin kerjasama dengan sistem kepercayaan, jadi hasil pertanian dari petani bisa anda jual terlebih dahulu baru kemudian anda bayar di saat produk tersebut sudah laku terjual. 

Usaha Sampingan di Lingkungan Sekolah 

10. Membuka Usaha Pengetikan, Printing dan Fotocopy


Jika anda memiliki tempat tinggal yang tidak jauh dari sekolah tempat anda mengajar, maka salah satu jenis usaha sampingan yang layak anda pertimbangkan adalah dengan membuka usaha pengetikan, printing dan fotokopy.

Memiliki usaha pengetikan,printing dan fotokopy di sekitar lingkungan sekolah tentu saja sangat strategis karena anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Baik itu dari kalangan siswa, atau bahkan dari kalangan guru dan pihak sekolah.

11. Berjualan Makanan Sehat


Jika anda seoarang guru honorer yang memiliki minat dalam usaha kuliner, maka salah satu jenis usaha sampingan di lingkungan sekolah yang cocok untuk guru adalah dengan berjualan makanan. Anda bisa berjualan makanan sehat berupa cemilan dan menitipnya di koperasi sekolah. 

Ragam Usaha Sampingan Bisnis Online Untuk Guru Honorer di Desa 

Saat ini bisnis online menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dilakoni oleh banyak orang dan memberikan penghasilan yang sangat menguntungkan. Ada begitu banyak peluang bisnis online yang bisa dikembangkan, namun kami memberikan 4 contoh usaha online saja yang cukup mudah untuk anda mulai yaitu :

12. Menjadi Blogger


Bagi anda yang memiliki minat membuka usaha sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah, maka menjadi seorang bloger adalah salah satu pilihan yang tepat. Salah satu modal utama untuk menjadi blogger yang sukses adalah minat dan keahlian dalam menulis. 

Mengapa menjadi blogger bisa mendapatkan uang, karena dengan memiliki blog maka anda bisa memanfaatkan blog yang anda miliki itu untuk menghasilkan uang melalui internet dengan menjadi seorang publisher atau penayang iklan. Ada begitu banyak program publisher seperti Google AdSense, Mgid, Admaven, Propeller Ads dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang publisher ini tentu saja anda harus paham bagaimana cara membuat blog yang memiliki pengunjung. Karena tanpa pengunjung anda tidak akan pernah mendapatkan penghasilan dari setiap program Publisher yang anda ikuti. Karena dari pengunjunglah potensi anda mendapatkan uang dari aktivitas klik iklan yang terjadi.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mendapatkan uang dengan menjadi blogger ini anda tentu saja membutuhkan suatu panduan lengkap soal metode membuat blog. Untuk itu anda bisa membaca bagaiamana cara membuat blog yang memiliki potensi menghasilkan dengan membaca panduan ini.

Selain menjadi publisher, cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan mengikuti program afiliasi, berjualan ebook dan menjual produk fisik lainnya melalui media blog yang anda miliki.

13. Menjadi Youtuber


Hampir mirip dengan blogger, hanya saja yang membedakannya adalah jenis kontennya. Jika Blogger jenis kontennya banyak berupa tulisan, maka menjadi youtuber konten utamanya adalah berbentu video. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube ini?

Hampir sama dengan blogger, anda bisa membangun channel youtube dan mengupload video yang nantinya bisa anda daftarkan untuk mengikuti program Youtube Adsense, atau menjual produk dengan membuat promosi dalam bentuk video.

Saran kami, karena anda adalah seorang guru honorer, maka salah satu cara yang tepat untuk membangun channel youtube yang bisa berkembang di masa yang akan datang adalah dengan bermain di niche pendidikan, karena itulah modal utama yang anda miliki.

Dengan membuat video-video yang berbasis keahlian anda, tentu saja akan lebih mudah dan anda akan lebih bersemangat karena itu menyangkut profesi dan passion anda.  Pada awalnya memang jumlah view nya kecil, tapi saat anda konsisten untuk terus meng-upload video-video yang bermanfaat maka lama-kelamaan banyak orang yang suka dengan video anda, dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi subscriber (pelanggan) dari channel anda.

Saat subsciber semakin banyak, jumlah view yang terus meningkat, maka untuk mendapatkan penghasilan jutaan bahkan sampai ratusan juta semakin terbuka lebar untuk anda. Intinya Konsisten dan memberikan video yang bermanfaat.

14. Menjadi Reseller

15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan

Reseller adalah suatu sistem penjualan dimana penjual menjual kembali barang yang dibelinya dan tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

Menjadi reseller adalah pilihan yang tepat untuk mencoba peruntungan membuka usaha sampingan berbasis bisnis online yang sangat tepat dijalankan oleh seorang guru honorer di desa. 

Salah satu kiat menjadi seorang reseller online yang sukses adalah dengan mencari produsen, supplier, atau toko online yang memberikan harga  secara grosir. Agar anda dapat membeli produk dalam jumlah yang banyak dan dengan harga yang relatuf lebih murah.

Dengan begitu anda bisa mendapatkan margin keuntungan yang jauh lebih besar nantinya.

15. Menjadi Content Writer


Keahlian menulis tidak hanya bisa di arahkan dengan mengelola blog atau website semata, tapi juga bisa di manfaatkan dengan membuka jasa penulisan artikel. Dengan perkembangan dunia internet yang semakin pesat saat ini, ada begitu banyak orang yang berlomba-lomba membuat website/blog, baik untuk tujuan branding usaha, toko online, website pribadi atau blog-blog yang dibangun dan ditujukan untuk mendapatkan uang melalui program publishing iklan dan afiliasi.

Blog dan website ini tentu saja memerlukan sebuah konten yang berkualitas agar bisa bersaing di mesin pencari. 

Nah jika anda memiliki keahlian menulis konten atau artikel yang berkualitas, maka ini menjadi salah satu peluang usaha yang bisa anda garap. 

Selain untuk keperluan website, jasa penulisan conten juga sangat di perlukan untuk kebutuhan lainnya misalnya untuk copywriting sebuah iklan, sinopsis sebuah buku dll sebagainya.

Untuk mendapatkan job penulisan konten ini anda bisa mencoba berbagai macam platform yang memang di tujukan bagi mereka yang memiliki keahlian menulis, anda bisa mencari job-job penulisan artikel melalui platform di bawah ini :

- Sribulancer
- Upwork
- Textbroker
- Freelancer, dan 
- Linkedin Jobs

Itulah 15 usaha sampingan guru honorer di desa yang layak anda pertimbangkan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi anda. Terima kasih 

0 Response to "15 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa Yang Menguntungkan"

Posting Komentar