Anda Pelaku UKM? Ini Manfaat dari Google Bisnisku Untuk Usaha Anda


Mhailviduka.com - Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan UKM berkembang dengan pesat, data tahun 2015 mencatat jika jumlah pelaku UKM yang ada Indonesia menembus angka 55 juta.

Namun sayangnya dari angka 55 juta itu, hanya sekitar 5 % saja yang baru go online.

Product Marketing Manager SMB Google Indonesia, Fida Heyder mengemukakan jika Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia perlu go online, dengan memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi. Baca juga : 5 Alasan Pentingnya Youtube Marketing Untuk Melejitkan Bisnis Anda 

Data Pada tahun 2015, tercatat ada 92 juta pengguna internet di Indonesia. Jika diakumulasikan dengan pertumbuhan tahunan sebanyak 19 persen, maka pengguna internet bakal sebanyak 215 juta pada 2020.

Dengan pengguna sebanyak itu, para pelaku UKM di Indonesia bisa memanfaatkan internet, sebagai ajang promosi memperkenalkan produk-produk mereka.Promosi produk bisa dilakukan  dengan memberikan informasi lengkap seputar produk, seperti harga, alamat yang bisa diakses konsumen jika ingin datang dan berbelanja, nomor telepon, dan informasi lain yang ingin disampaikan pada calon konsumen.

Manfaat Google Bisnisku Untuk Melejitkan Penjualan UKM

Manfaat dari Google Bisnisku Untuk UKM

Lebih lanjut Fida menjelaskan jika salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk melalui internet adalah dengan menggunakan layanan Google Bisnisku. Salah satu keunggulan dari Google Bisnisku ini adalah layanan yang Gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan sepersen pun untuk memanfaatkannya. ( baca juga : Apakah Benar Google Business Bisa Mendongkrak SEO Sebuah Website ?)

"Lewat Google Bisnisku, kami memang ingin membantu UKM mengembangkan bisnis mereka secara online, dan ini gratis. Berbeda dengan membuat website sendiri yang membutuhkan biaya pembuatan dan pengelolaan" kata Fida

Selain informasi terkait produk, layanan Google Bisnisku juga menyertakan foto-foto dan dapat menampilkan alamat UKM melalui Google Map. Dan yang membuat nya semakin menarik yakni tampilan tersebut akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna internet, baik berupa dekstop,tablet maupun smartphone.

Google Bisnisku sejatinya sudah disosialisasikan kepada para pelaku UKM sejak 2014 lewat program Gapura. Hanya saja, masyarakat tak tahu bahwa progam menampilkan promosi produk tersebut bernama Google Bisnisku.

Salah satu contoh UKM yang sudah memanfaatkan layanan Google Bisnisku ini adalah Ucok Durian, sebuah UKM dari medan. Saat pengguna internet ingin mencari tahu mengenai Ucok Durian melalui internet, maka mereka sisa mengetik ucok durian melalui mesin pencari Google lalu kemudian Google akan menampilkan informasi mengenai profil Ucok Durian. Informasi yang ditampilkan sangat lengkap berupa alamat,bahkan jam-jam berapa toko itu ramai dikunjungi orang, hingga informasi rata-rata waktu pengunjung Ucok Durian menghabiskan waktu di toko itu

Manfaat dari Google Bisnisku
Contoh Tampilan yang dihadirkan melalui Google Bisnisku 


Lalu bagaimana cara pelaku UKM Bisa memanfaatkan fitur ini, Fida melanjutkan jika anda cukup mengetik Google Bisnisku di mesin pencari. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang telah disediakan.
Tak perlu takut, Google telah memberikan panduan yang sangat mudah. Bahkan, pelaku UKM yang masih awam dengan internet, dipastikan bisa mengerti.

Untuk mendukung layanan Google Bisnisku ini lebih dekat dengan pelaku UKM, pihak Google Indonesia lebih giat melakukan sosialisasi dengan menggandeng pemerintah setempat. Saat ini sosialisasi sudah dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta,Surabaya, Makassar dan Medan.