Kapan waktu yang tepat waktu jual-beli saham untuk Pemain Pemula


Perlunya Mengetahui Kapan Waktu Yang Tepat Jual Beli Saham Untuk Seorang Pemula


Salam investasi! Di sini akan dibahas mengenai waktu yang tepat untuk jual-beli saham (untuk pemula). Yang dibahas di sini adalah gambaran secara luas mengenai kebiasaan trader di bursa.

Seperti apakah waktu jual-beli saham yang bagus itu?

Investor selalu memperhatikan waktu yang tepat dalam membeli ataupun menjual saham. Bila diperhatikan dengan seksama, saham lebih banyak ditransaksikan pada 30 menit pertama setelah bursa dibuka dan 30 menit terakhir sebelum bursa ditutup.

waktu yang tepat waktu jual-beli saham untuk Pemain Pemula

Mengapa kedua waktu tersebut sangat banyak transaksi jual/beli saham?

Jawabannya adalah, karena investor yang tidak sempat beli pasa sesi dua di hari sebelumnya akan memaksakan membeli pada sesi satu di haru berikutnya.

Begitu pula dengan investor yang belum selesai menjual saham dengan harga yang diinginkan, mereka akan menawarkan saham tersebut pada keesokan paginya

Kemudian adanya faktor harga penutupan. Apabila harga beli saham di bawah harga penutupan, maka pemilik saham akan beruntung.

Cara seperti ini biasa digunakan oleh investor harian yang selalu menggunakan harga penutupan hari tersebut untuk transaksi hari berikutnya.

Bila investor membeli saham di bawah harga penutupan, maka dia memperoleh capital gain, tapi belum direalisasikan. Capital gain terealisasi apabila saham tersebut dijual pada esok paginya pada bursa sesi satu.

Langkah di atas memerlukan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itulah trader harian harus sering berkonsultasi dengan tim analisa dari broker.

Utamakan analis yang memiliki data tentang pola harga saham dalam kurun waktu tertentu (harian) yang bisa anda jadikan bahan referensi. Maka dari itu, pilihlah broker yang tepat dan memiliki tim ahli yang mumpuni untuk investasi saham anda

Bagi investor yang ingin berinvestasi jangka panjang, maka data dan informasi yang digunakan adalah informasi bulanan (bukan harian). Namun tidak menutup kemungkinan investor akan menjual sahamnya apabila memperoleh capital gain meski jangka waktunya kurang dari sebulan.

Banyak pihak yang menyarankan agar apabila anda sudah mendapatkan gain melebihi 20%, sebaiknya saham anda dijual dulu atau istilahnya profit taking (ambil untung). Nanti apabila harga saham tersebut sudah turun, ada baiknya agar anda beli kembali.

Sekian dahulu pembahasan mengenai waktu yang tepat untuk jual-beli saham (untuk pemula) ini kami tulis. Semoga materi saham untuk pemula ini bisa berguna bagi anda.

Sumber : onlenpedia.com